Pemimpin (dan) Rakyat kecil

30 Oct 2012

0782c7207884045cfbccd3771e3426f5_img0108a. Otoriter sudah tidak berlaku lagi di Indonesia karena sangat bertentangan dengan jiwa bangsa Indonesia sendiri yang berideologikan Pancasila. Demokrasi merupakan hal yang patut dipertahankan dan harus dikembangkan. Alangkah baiknya jika semua orang memiliki hak yang sama dalam mengatur dan menciptakan peraturan-peraturan negara karena suatu negara tidak akan bisa disebut sebagai negara tanpa adanya partisipasi warga negaranya sendiri. Warga negara harus diperlakukan secara sama dimata pemerintahan dan dalam bidang hukum. Agaknya saat sekarang ini masih sering terjadi penyalahgunaan hukum oleh orang-orang oleh penguasa. Disisi lain rakyat kecil yang selalu menjadi korban utama. Padahal jika ditelaah lebih dalam, seseorang tidak akan bisa berkuasa tanpa adanya dukungan rakyat kecil. Ibarat kata, kacang lupa kulitnya. Sudah diberi kepercayaan tapi tidak dipergunakan sebaik-baiknya, malah digunakan untuk menyengsarakan orang-orang yang telah memberi kepercayaan padanya untuk berkuasa.

Demokrasi tidak berarti jika Cuma sebagai kata-kata saja agar dianggap memiliki sistem pemerintahan yang bagus. Demokrasi bukanlah sebuah formalitas saja, demokrasi tidak dapat dibeli dengan apapun. Semua orang berhak mendapatkannya, tanpa pandang bulu. Miskin dan kaya bukankah hanya sebutan saja karena adanya kesenjangan pendapatan, kaya dan miskin pun relatif, tergantung dari sudut pandang masing-masing. Kaya dan miskin bukan berarti selalu berhubungan dengan materi tetapi banyak hal yang dapat menyebabkan orang bisa dikatakan miskin atau kaya. Sedikit mengambil prinsip koperasi, one man one vote, artinya satu orang satu suara yang sama. Tidak ada pembedaan si kaya dan si miskin, semua harus diperlakukan sama dan adil.

Pemimpin dan rakyat kecil harus selalu bisa berjalan berdampingan dan saling mendukung, tidak bisa dipisahkan. Pemimpin tidak akan ada jika tidak ada rakyat, dan rakyat tidak akan bisa teratur tanpa adanya seorang pemimpin.


TAGS


-

Author

Follow Me