D’Blogger Safety Riding

11 Jan 2011

Kendaraan merupakan suatu benda yang sangat penting dalam rangka berpindah tempat. Jenis kendaraan pun beraneka ragam seiring dengan tuntutan kebutuhan manusia, di darat, laut, bahkan di udarapun tersedia. Tidak terlalu penting jenis kendaraan yang digunakan, yang lebih harus diperhatikan adalah keselamatan berkendara ( safety riding ). Percuma juga jika kendaraan tergolong dalam kendaraan yang super mewah dan super canggih tapi akhirnya malah merenggut nyawa pemakainya sendiri. Dalam semua jenis kendaraan ada aturan-aturan yang harus kita penuhi agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Jangan sedikitpun meremehkan hal tersebut. Tahukah anda, setelah TBC, kecelakaan lalu lintas menepati urutan ke-2 sebagai penyebab kematian di Indonesia. Setiap tahun sekitar 28.000 nyawa melayang di jalan.safetyriding

Sekarang ini jenis kendaraan yang paling populer disemua kalangan adalah motor. Kendaraan yang satu ini selain praktis juga hemat. Tidak sulit menemukan kendaraan ini, bahkan sudah mendominasi di jalan. Dalam mengendarai motor pun sudah ada aturannya. Aturan itu rasanya sudah cocok dan sesuai karena sudah melalui banyak pertimbangan. Namun masih saja kita jumpai para pelanggar, misalnya saja banyak sakali motor yang dimodifikasi sedemikian rupa hanya agar bisa dibilang gaul. Keselamatan pun menjadi taruhan. Kondisi kendaraan yang standart dirubah sesuai kemauan sendiri. Dengan sok ahli menambahkan dan mengurangi ini dan itu tanpa memperhatikan keselamatan. Ban standart disulap menjadi lebih kecil, knalpot dirubah lebih besar, dan lain sejenisnya. Hal tersebut sangat mempengaruhi keseimbangan kendaraan. Apa hanya agar terlihat beda dan menjadi pusat perhatian harus mengorbankan keselamatan diri sendiri? Tentu tidak kan!. Selain kondisi fisik kendaraan yang tidak bisa diabaikan adalah kelengkapan berkendara, contohnya helm. Seperti yang kita ketahui, helm sangat membantu melindungi kepala, mengurangi efek benturan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sudah banyak yang merasakan sendiri efektifitas helm, seperti yang menimpa teman saya. Dia harus kehilangan nyawanya dijalan karena tidak memakai helm. Menurut dokter, kepalanya terlalu keras mengalami benturan saat kecelakaan. Sebaliknya, kakak saya sendiri terselamatkan berkat memakai helm. Perlu diingat juga, helm yang baik adalah helm yang terdapat logo SNI ( Standart Nasional Indonesia ). Jangan lupa juga saat berkendara harus melengkapi surat-surat seperti SIM dan STNK.

Pelaku lalu lintas sangat banyak sehingga sebuah aturan sangat diperlukan agar terjaga keselamatan dan tidak ada yang merasa haknya direbut. Patuhi aturan lalu lintas yang ada. Mulailah dari sendiri. Perhatikan rambu-rambu lalu lintas yang ada disepanjang jalan. Pasti akan terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Musim hujan seperti sekarang ini juga perlu motor-bebek-from-brosur-keselamatan-berkendaradiperhatikan, jalanan akan terasa lebih licin. Hingga diperlukan sedikit kesabaran untuk menghadapinya. Ban yang sudah aus sebaiknya diganti dengan ban yang lebih baik, demi terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

Kita agaknya juga harus lebih memperhatikan kondisi jalan. Saat ini banyak dijumpai jalan yang berlubang dan hampir rusak. Jika diabaikan bisa saja mendukung kecelakaan lalu lintas. Pemerintah harusnya bisa menyediakan sarana prasarana yang memadai dan berkualitas baik, termasuk jalan raya.

motor-jalan-rusakYang terpenting dari berkendara adalah harus pandai-pandai mengatur emosi. Bersiakaplah sabar, sabar dan sabar. Berilah ruang bagi pengguna jalan lain. Karena jalan adalah milik banyak orang. Kendalikan emosi, ambil segi positifnya. Jangan pula sekali-kali berkendara dalam keadaan badan tidak fit, sedang mengantuk dan saat dalam pengaruh alkohol. Hal itu selain bisa melukai diri sendiri juga bisa melukai orang-orang yang berada disekeliling kita.

Mungkin itu sedikit tips dari saya. Semoga dapat bermanfaat. Saya sangat mengharapkan komentar-komentar teman-teman semua demi perbaikan.


TAGS blogger for safety riding


-

Author

Follow Me